Just another WordPress.com site

Gaya hidup sehat

Kepedulian terhadap kesehatan memang harus selalu kita tingkatkan. Biaya berobat yang mahal hendaknya mendorong kita untuk menjalankan gaya hidup sehat. mencegah gaya hidup sehat yang terutama yaitu hindari dari narkoba dan obat-obatan terlarang, karena akan menghancurkan masa depan kita. Dengan mengamalkan gaya hidup sehat, sebenarnya banyak penyakit dapat dicegah.
Pencegahan penyakit jauh lebih murah daripada pengobatan.

Upaya pencegahan beberapa penyakit yang menjadi masalah kesehatan dapat dirangkum dari berbagai sumber secara ringkas sebagai berikut:

Penyakit jantung
Menjaga kadar kolesterol dengan diet, olahraga, dan obat-obat (jika diperlukan), menjaga tekanan darah dengan diet, olahraga, mengurangi stres dan obat-obatan (jika diperlukan), mengonsumsi makanan yang berserat serta membatasi makanan yang berlemak dan mengandung kolesterol, hindari merokok.

Kanker
Hindari merokok (kanker paru-paru), konsumsi makanan berserat serta membatasi makanan berlemak dan mengandung kolesterol (kanker payudara, kanker usus besar), melakukan sadari (pemeriksaan payudara sendiri) secara teratur (untuk wanita usia di atas 20 tahun) atau pemeriksaan testis (untuk laki-laki antara usia 12-40 tahun).
Hindari terpajan sinar matahari berlebihan dan gunakan krim perlindungan terhadap sinar matahari (kanker kulit), periksalah jika terjadi pendarahan yang tidak normal atau perdarahan pada rektum.

“Stroke”
Hindari merokok, jaga tekanan darah dengan diet, olahraga, mengurangi sires dan obat-obat (jika diperlukan), jaga kolesterol dengan diet, olahraga, dan obat-obat jika diperlukan, hindari stres dan kelelahan.

Penyakit paru-paru
Hindari merokok, hindari terpajan pada bahan-bahan beracun, khususnya dengan bahan-bahan industri yang mengganggu saluran napas.

Diabetes
Olahraga teratur, lakukan diet seimbang, hindari kegemukan, jaga berat tubuh ideal, lakukan kontrol gula darah secara teratur.

Penyakit hati
Jangan minum alkohol berlebihan, vaksinasi Hepatitis B jika mempunyai risiko tinggi untuk tertular penyakit Hepatitis B.

Stres
Perhatikan kesehatan mental, seperti cepat emosi, mudah gelisah, gejala-gejala depresi, keinginan bunuh diri atau memberontak, atau mengonsumsi alkohol ber¬lebihan, atau melakukan kekerasan.

Referensi: Raih kembali kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s